3 KATA AJAIB YANG SERING TERLUPAKAN : "MAAF, TOLONG & TERIMA KASIH"


Oleh: Diaz Hamzah

Dalam bersosialisasi manusia dituntut tidak hanya ingin dilayani tapi juga melayani manusia lainnya agar tercipta lingkungan sehat dan nyaman dalam masyarakat.

Pada saat ini budaya saling menghormati seolah kian langka dijumpai pada pergaulan modern, sehingga membuat lingkungan yang sensitif dan rawan terjadi kesalah pahaman. Karena itulah pentingnya kita kembali mengingat 3 kata ajaib dalam kehidupan bersosial kita agar kembali tercipta keharmonisan dalam pergaulan. Berikut ini adalah 3 kata ajaib tersebut:

1. Tolong
Faktanya, memang kita sering terlupa bahwa meminta bantuan dapat dilakukan dengan cara-cara yang lebih santun dan enak didengar. Mudah saja, cukup dengan menambahkan kata tolong, maka semua terdengar lebih baik. Coba saja.

2. Maaf
Mungkin kata ini menjadi kata yang paling sulit diucapkan. Walau bagaimana pun, manusia memang memiliki ego dan gengsi yang tinggi untuk mengakui jika ia melakukan kesalahan.

3. Terima Kasih
Banyak yang bilang, ikhlas harusnya tidak menuntut ungkapan terima kasih. Ya, tentu. Tidak ada yang salah dari ungkapan itu. Akan tetapi, tidak salah juga kan, jika kita memberikan ungkapan tersebut sebagai bentuk penghargaan atas kebaikan yang telah seseorang berikan kepada kita?

Bukan hanya untuk anak-anak, lho. Teman-teman yang sudah dewasa juga dapat mulai membiasakan diri untuk menggunakan kata ini lagi. Tidak ada salahnya untuk mulai membiasakan lagi 3 kata ajaib ini. Jangan lupa maaf, tolong, dan terima kasih-nya, ya!

Posting Komentar

0 Komentar