7 POIN YANG KENAPA ANDA WAJIB MEMASANG GOOGLE ANALYTICS


Oleh: Diaz Hamzah

Google Analytics adalah salah satu alat analisis web yang paling populer dan banyak digunakan. Fungsinya untuk membantu pemilik website mengukur dan menganalisa perilaku pengunjung. Ini memberikan informasi yang berguna untuk memahami bagaimana pengunjung menggunakan situs web.

Informasi ini membantu pemilik situs web membuat keputusan tentang cara meningkatkan situs web dan memenuhi kebutuhan pengunjung mereka. Google Analytics juga memungkinkan pemilik situs mengukur hasil kampanye pemasaran online mereka, seperti iklan bayar per klik atau pemasaran email.


Alasan memasang Google Analytics

1. Pahami bagaimana pengunjung menemukan situs Anda
Tahukah Anda bahwa saat ini ada lebih dari 1 miliar situs web online. Semua orang berlomba-lomba untuk menjadi yang teratas di halaman pencarian internet yang tentunya sangat ramai. Untuk melakukan ini, Anda harus bekerja keras agar situs web Anda dapat ditemukan oleh orang-orang.

Dengan menggunakan Analytics, Anda dapat memahami dari mana pengunjung menemukan situs web Anda. Google akan melacak berapa banyak orang yang mengklik ke situs Anda melalui link di pencarian (organik). Berapa banyak klik tautan yang dibagikan di media sosial dan berapa banyak dari iklan berbayar (jika ada). Anda juga bisa mengetahui berapa banyak pengunjung yang mengetik nama website Anda langsung ke mesin pencari.

Jelas, memahami bagaimana pengunjung Anda menemukan situs web Anda sangat berguna dalam menentukan strategi pemasaran digital Anda.

2. Dapat melacak apa yang pengunjung lakukan di situs
Membuat orang mengunjungi situs web Anda adalah tantangan pertama yang harus diatasi. Tetapi membuat pengunjung tetap tinggal dan kembali suatu hari nanti adalah masalah yang sama. Google Analytics dapat membantu Anda memahami apa yang dilakukan pengunjung situs web Anda.

Untuk mengetahui di halaman apa yang pertama kali mereka kunjungi dan berapa lama mereka bertahan di situs tersebut, Anda dapat melihat di menu Perilaku atau Behaviuor Sections google Analytics.

Informasi ini akan membantu Anda memahami bagian mana dari situs Anda yang mendapat perhatian paling besar. Ini juga membantu Anda memutuskan apakah akan memutakhirkan konten tersebut berdasarkan analisis ini.

3. Memahami data pengunjung website
Tidak semua pengunjung dapat dijangkau melalui website. Mungkin ada jenis pengunjung tertentu yang berharga bagi Anda. Google Analytics akan memberi Anda informasi tentang pengunjung situs web, termasuk data demografis dan minat umum mereka.

Anda juga dapat mengetahui browser apa yang digunakan pengunjung Anda. Dengan mengetahui data ini, Anda bisa menganalisis di browser mana website Anda paling nyaman untuk dikunjungi. Dari analisis ini, Anda dapat memutuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

4. Temukan halaman paling populer di situs Anda
Setiap halaman website pasti memiliki halaman atau postingan yang paling populer. Hal yang sama berlaku untuk website Anda. Anda akan menemukan bahwa beberapa halaman mendapatkan lebih banyak lalu lintas daripada yang lain. Anda juga akan memiliki halaman yang membuat pengunjung merasa betah dan bahkan dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Selain itu, halaman atau postingan di situs Anda mungkin mendapatkan jumlah klik yang tidak wajar, dan Google Analytics akan membantu Anda mengidentifikasinya. Jauh dari efek positif, terlalu banyak klik dapat membuat situs Anda dicurigai Google.

Dengan mengetahui halaman paling populer di situs web Anda, Anda dapat mendasarkan strategi Anda pada wawasan yang diberikan oleh Analytics.

5. Lacak Konversi
Sebelum kita membahas bagaimana Google Analytics dapat membantu Anda melacak konversi, pertama-tama mari kita pahami apa itu konversi, khususnya dalam konteks pemasaran digital. Konversi dalam pemasaran digital dapat diartikan sebagai daftar tindakan yang diinginkan atau ditargetkan.

Tindakan tersebut berkisar dari mengklik tautan tertentu, mendaftar langganan email, memberikan informasi pribadi, hingga membeli produk atau layanan.

Dengan Google Analytics, Anda dapat melacak konversi sasaran. Pada saat yang sama, ini juga menganalisis konversi mana yang paling sering dipilih oleh pengunjung situs web. Setiap website pasti memiliki tingkat konversi yang berbeda.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Analytics, Anda dapat menentukan strategi apa yang harus diambil selanjutnya untuk meningkatkan tingkat konversi situs web Anda.

6. Alasan Memasang Google Analytics Yaitu Karena Gratis
Gratis? Ya, kata ini cukup menjelaskan mengapa Google Analytics digunakan oleh banyak orang, bahkan bisa dikatakan wajib dimiliki oleh website. Mengapa demikian? Karena menggunakan Google Analytics gratis, tidak ada biaya sama sekali.

7. Kemudahan penggunaan
Sebagai alat untuk kebutuhan analisis pasar, Google Analytics merupakan alat yang mudah digunakan. Jika Anda bukan ahli teknologi, jangan khawatir, Google Analytics mudah dipelajari, terutama dalam hal pemasangan.

Anda tidak memerlukan keterampilan pengkodean tingkat lanjut untuk memasang kode pelacakan Google Analytics. Ada banyak tutorial di internet tentang cara memasang kode pelacakan.

Namun jika Anda masih kesulitan menginstalnya sendiri, Anda bisa meminta bantuan penyedia hosting langganan Anda. Layanan pembuatan situs web atau penyedia hosting memiliki tim yang dapat membantu mengatasi masalah apa pun yang Anda temui.


Mulailah dengan Google Analytics

Untuk mengaktifkan Google Analytics, Anda harus mendaftarkan diri dengan akun Google. Kemudian tambahkan situs web Anda sebagai properti dan tambahkan kode pelacakan di halaman situs web.

Anda hanya perlu menyalin dan menempel, sangat mudah. Situs berbasis WordPress hadir dengan beberapa pilihan instalasi yang berpotensi memudahkan Anda untuk menginstalnya tanpa harus copy-paste dengan cara biasa.

Setelah Anda siap, langkah selanjutnya cukup sederhana. Anda dapat belajar dengan melihat tutorial di Internet.

Posting Komentar

0 Komentar