Tips Menghilangkan Pikiran Negatif


Dalam Journal of Personality and Social Psychology, kebiasaan pemikiran negatif terhadap diri dapat didefinisikan oleh tiga faktor utama.

Pertama, adanya keyakinan negatif dari pemikiran sendiri. Kedua, sering terjadinya pembentukan pemikiran negatif. Ketiga, fakta bahwa pikiran ini terbentuk sebagai respon otomatis.

Kombinasi antara faktor kebiasaan dan respon otomatis, menjadikan pikiran negatif sebagai sebuah bentuk kebiasaan yang terbentuk akibat pengulangan yang kita lakukan secara terus-menerus.

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

1. Pikiran Negatif Tidak Semuanya Buruk
Jika kita memiliki perasaan negatif dan kemudian menyalahkan diri sendiri karena perasaan tersebut, kita telah menciptakan banyak energi negatif yang tidak berguna.

Sebaliknya, ingatlah bahwa emosi negatif sebenarnya wajar sebagai cara menghilangkan pikiran negatif.

"Emosi membantu kita terhubung dengan pengalaman kita sendiri dan dengan orang lain," kata psikoterapis di Chicago, Sarah Farris, mengutip Bustle.

"Sayangnya, banyak orang mungkin merasakan tekanan dari orang lain untuk tidak menunjukkan perasaan mereka atau dikritik ketika memiliki perasaan negatif," lanjutnya.

2. Coba Tulis Pikiran Negatif
Jika kita memiliki pikiran negatif, menuliskannya secara harfiah dan membuangnya mungkin tampak konyol, tetapi kegiatan tersebut bisa membuat perbedaan besar dan menghilangkan pikiran negatif.

"Sebagian besar dari kita membiarkan pikiran negatif tersebut terjadi dan menerimanya tanpa repot-repot percaya bahwa kita bisa untuk mengubahnya," kata psikologis Deborah E. Dyer, Ph.D mengutip Bustle.

"Ketika terfikir hal negatif, segera tulis. Ini sebagai dokumentasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang apa yang dikatakan pada diri sendiri dan hal yang dirasakan," saran Deborah.

3. Pergi ke Luar
Menghabiskan waktu di luar rumah adalah metode yang bagus untuk membersihkan pikiran dari energi negatif dan cara menghilangkan pikiran negatif.

"Ini bukan tentang aktivitas fisik, melainkan menjauh dari kekacauan hidup untuk menghabiskan waktu dengan tenang, sehingga dapat berhubungan kembali dengan alam," kata Heather Debreceni, pelatih pemberdayaan dan perceraian wanita.

4. Berhenti Melakukan Penilaian
Setiap orang melakukan penilaian terhadap diri kita sendiri dan orang lain, terus membandingkan diri sendiri dengan orang lain atau membandingkan hidup dengan rasa ketidakpuasan, baik itu secara sadar atau tidak.

Ketika kita bisa melepaskan penilaian atau pandapat terhadap diri sendiri dan orang lain, hal ini kemungkinan akan membuat diri sendiri merasa lebih nyaman dan bebas dari pikiran negatif.

Patricia Harteneck, PhD, MBA, psikolog senior, menyebutkan beberapa cara untuk bisa membuat seseorang berhenti melakukan penilaian dan menghakimi diri sendiri.

"Beristirahatlah dari pemikiran yang menghakimi, termasuk mengenali reaksi Anda sendiri, mengamatinya, dan kemudian melepaskannya," saran Patricia mengutip Psychology Today.

Sebagai cara menghilangkan pikiran negatif lainnya, kita juga bisa membuat penilaian yang positif dalam diri sendiri, terhadap orang lain, atau ketika berada dalam sebuah situasi.

5. Fokus pada Kekuatan
Sudah menjadi sifat manusia untuk memikirkan yang negatif dan mengabaikan yang positif.

Semakin kita dapat berlatih untuk fokus pada kekuatan diri dan tidak memikirkan kesalahan yang dibuat, semakin mudah untuk merasa positif tentang diri sendiri dan arah yang akan diambil dalam hidup.

"Jika Anda mendapati diri sendiri berpikir keras tentang karakter atau tindakan Anda, luangkan waktu sejenak untuk berhenti dan pikirkan sesuatu yang disukai tentang diri Anda," terang Patricia.

Pikiran-pikiran negatif adalah sesuatu yang selalu dihadapi oleh semua orang. Ketimbang marah pada diri sendiri, terimalah pikiran negatif tersebut dan coba untuk menyelesaikannya dan memberi penilaian mana yang baik dan tidak untuk diri kita karena tidak semua pikiran negatif yang kita hasilkan berdampak buruk bagi kita.

Posting Komentar

0 Komentar