Tips Mencari Inspirasi Desain Saat Dikejar Deadline


Ketika kamu diminta oleh seorang klien untuk mendesain logo perusahaan dengan batas waktu yang telah disepakati. Tapi, kamu tidak punya ide sama sekali dan bingung harus memulai dari mana, kamu hanya menatap kosong layar komputermu padahal deadline yang disepakati semakin mendekat, berikut adalah tips dari DiazWeb bagaimana cara mendapatkan inspirasi dikala sedang buntu dan dikejar waktu :

1. Cari inspirasi secara online

Sebagai seorang desainer grafis, kamu pasti sudah tahu situs-situs seperti Logo Moose dan Logo Gala. Tapi kamu bisa mencari situs-situs desain grafis lainnya juga untuk inspirasi. Mencari online adalah salah satu cara mendapatkan inspirasi desain logo terbaik.

Kunjungi situs-situs yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Kamu bisa mempersempit pencarian dengan mencari perusahaan-perusahaan yang bidang bisnisnya mirip dengan klienmu, dan lihat logo mereka seperti apa. Kamu juga bisa mencari gambar-gambar acak, kamu mungkin mendapatkan inspirasi dari gambar-gambar tersebut, mungkin saja, bukan?


2. Minta saran dan masukan dari teman sesama desainer

Terkadang dua kepala lebih baik daripada satu. Jika kamu kehabisan ide, memintalah masukan dari temanmu yang sesama desainer grafis merupakan salah satu cara mendapatkan inspirasi desain logo. Namun sebelum kamu bertanya ke temanmu itu, pastikan dulu bahwa mereka tidak ada hubungannya dengan proyek yang sedang kamu tangani.

3. Keluarkan semua yang kamu pikirkan

Mengeluarkan semua hal yang ada dalam pikiranmu lebih baik daripada menyimpan semuanya di dalam sana. Menuangkan semua pikiran di papan tulis atau buku dapat membantu meluruskan pikiran. Kamu akan dapat memetakan dan melihat mereka secara lebih jelas untuk mengetahui apakah bisa menggambungkan satu ide dengan ide yang lain untuk menghasilkan karya.

4. Ketahui sejarah dan visi misi klienmu

Jika klienmu adalah perusahaan yang telah mengganti logo beberapa kali, kamu bisa melihat logo-logo sebelumnya sehingga kamu memperoleh dasar ide yang lebih jelas mengenai bentuk desainnya akan jadi seperti apa.

Bertanya juga merupakan ide bagus untuk mengetahui rencana-rencana perusahaan untuk masa yang akan datang. Rencana-rencana mereka untuk masa depan yang mungkin saja berbeda total mengikuti perubahan arah bisnis, logo biasanya ikut berubah menyesuaikannya juga.

5. Lihatlah kembali arsip proyekmu sebelumnya

Melihat proyek-proyekmu sebelumnya dapat membantumu menemukan inspirasi desain dan itu adalah hal yang umum bagi para desainer grafis untuk memiliki banyak konsep dan sketsa sebelum mereka memutuskan yang mana yang paling baik. Ide-idemu yang terdahulu sebaiknya selalu kamu simpan, mereka mungkin akan berguna untuk proyekmu dimasa mendatang.

6. Selalu bersiap menyimpan idemu yang muncul kapanpun

Ingatlah bahwa ide bisa datang di mana pun dan kapan pun. Saat ide datang muncul di pikiranmu, catatlah segera sebelum kamu lupa. Bawalah buku catatan atau buku sketsa kemanapun kamu berada.

7. Lakukan apa yang kamu suka

Jika kamu telah mencoba semua cara di atas dan tak ada yang berhasil, maka berhenti dulu sebentar dan tenangkan pikiran. Memaksakan dirimu tidak akan membuatmu meraih tujuanmu. Kamu sebaiknya istirahat sejenak. Lakukan sesuatu yang kamu suka, dan inspirasi mungkin datang saat itu ataupun setelahnya.

Posting Komentar

0 Komentar