Berapa Lama Domain Bisa Diambil Alih Setelah Expired


Sebuah domain biasanya memiliki masa aktif selama 1 tahun. Namun bisa saja sebuah domain memiliki masa aktif 2 sampai 10 tahun, tergantung pembelian kontrak yang diambil oleh pemilik domain. Lalu bagaimana jika domain tersebut expired, bagaimana status domain expired? Domain yang sudah expired atau sudah habis masa aktifnya, tidak bisa diregistrasi secara langsung. Domain expired baru bisa didaftarkan kembali setelah 80 hari atau hampir 3 bulan setelah expired. Jadi seandainya anda mengincar sebuah nama domain yang bagus tapi sudah expired, anda harus mengecek apakah domain tersebut sudah bisa diregistrasikan setelah 80 hari, mengapa begitu?

Karena ada beberapa tahapan yang harus di lewati sebelum bisa kita ambil alih. Semua tahapan tersebut adalah Renewal Grace Period, Redemption Grace Period dan Pending Delete. Mari kita bahas satu-satu satu tahapan tersebut :


1. Renewal Grace Period.

Ketika sebuah domain sudah expired, maka domain tersebut masuk ke dalam Renewal Grace Period. Periode ini biasanya berlangsung selama 30 hari yang dapat dikategorikan sebagai masa tenggang sebelum domain benar-benar hangus. Pemilik domain masih bisa mengaktifkan domain tersebut dengan biaya normal. Pada masa ini, domain name yang telah expired biasanya dialihkan oleh registrar ke halaman iklan dari penyedia domain.


2. Redemption Grace Period.

Domain yang tidak diperpanjang pada masa renewal grace periode berakhir, akan otomatis masuk ke dalam tahapan berikutnya yaitu redemption grace periode, pada masa ini dapat kita anggap domain telah dihapus oleh registrar. Domain sudah tidak bisa diakses atau non-aktif. Tapi pemilik domain masih bisa mengaktifkannya kembali dengan biaya yang lebih mahal biasanya 10 kali lipat jika dibandingkan biaya perpanjangan atau pendaftaran domain baru. Masa ini umumnya terjadi selama 30 hari untuk sebagian besar penyedia layanan domain.


3. Pending Delete. 

Ini merupakan masa persiapan untuk pelepasan domain ke umum dan domain name sudah tidak bisa diperpanjang lagi oleh pemilik sebelumnya. Masa pending delete biasanya terjadi dalam lima hari dan pada hari ketujuh domain sudah bisa diregistrasi lagi seperti layaknya domain baru.

Untuk Anda pemilik Domain, kami himbau untuk melakukan pengecekan rutin terhadap status masa aktif Domainnya sebelum expired.

Posting Komentar

0 Komentar