Apa itu Webinar?


Webinar adalah format acara yang berlangsung secara online dan dihadiri peserta secara online pula. Dengan format semacam ini, siapa saja bisa membuat acara talkshow, seminar, diskusi, dan workshop hanya berbekal kamera dan koneksi internet.

Webinar adalah metode penyelenggaraan acara yang efektif dan fresh. Sebab, Anda bisa membuat audiens merasa dekat dengan tipe komunikasi yang personal dan interaktif. Tapi di saat yang sama, Anda juga melakukannya dengan begitu banyak orang. Jadi, strategi penyampaian materi bisa mencakup kualitas dan kuantitas sekaligus.

Karena keunggulan itu dan situasi yang tidak memungkinkan pertemuan secara langsung, membuat metode webinar semakin diminati.


Manfaat Webinar untuk Strategi Marketing Bisnis Online

Manfaat lain yang akan Anda dapat melalui webinar adalah:

Meningkatkan nama brand bisnis Anda. Webinar bisa dijadikan medium untuk menceritakan keunggulan bisnis Anda. Lewat medium yang sama Anda dapat menyediakan info dan tips bermanfaat untuk pelanggan.

Menyajikan nilai lebih di mata (calon) pelanggan. Seperti halnya layanan gratis berbentuk ebook maupun file download lainnya, webinar sangat strategis dipakai untuk mengedukasi pelanggan. Semakin banyak orang merasakan manfaat dari brand, semakin mereka merasa dilibatkan dan merasa butuh untuk terlibat.
 
Menjaring saran dan umpan balik. Berbekal fitur interaktif seperti chat, poll, survei, test, dan integrasi ke Twitter, Anda bisa langsung mengetahui apa yang diinginkan audiens.

Menunjukkan image lebih ahli dibanding pesaing bisnis kita. Sama seperti blog di website, webinar akan menunjukkan seberapa luas pengetahuan dan kapabilitas Anda. Hal inilah yang kemudian membuat Anda nampak lebih serius dan ahli di bidangnya.

Sama halnya seperti email marketing, webinar bisa dipakai untuk mengumpulkan nama dan alamat email (calon) pelanggan potensial. Cara ini memudahkan Anda ketika ingin mengirimkan info promosi kepada mereka.

Menghemat waktu dan biaya promosi. Membuat event offline itu mahal. Ada banyak hal teknis yang perlu disiapkan. Sudah begitu, belum tentu juga event offline lebih berhasil. Kalau budget promosi Anda sedang cekak, Anda bisa memanfaatkan webinar untuk promosi yang lebih efisien.

Ada tiga jenis webinar sejauh yang kami ketahui. Ketiganya, yaitu :
  1. webinar khusus untuk mengumpulkan lead
  2. webinar berbayar
  3. dan serial webinar.
Anda bisa pilih format yang paling sesuai dengan segmen bisnis ataupun format acara Anda.

Posting Komentar

0 Komentar