MENGENAL HTTP DAN HTTPS PADA WEBSITE


Pada awal baris domain website atau blog kita pasti terdapat baris http:// ataupun https:// lalu apasih sebenarnya HTTP ini?

HTTP adalah kepanjangan dari Hypertext Transfer Protocol sebuah sistem kirim dan menerima data dari website kita di mana dia bertugas untuk mengirimkan data dari web server ataupun hosting ke browser. Dapat kita tarik kesimpulan bahwa HTTP adalah sebuah proses dalam menampilkan website atau blog kita sehingga dapat dinikmati kontennya.

Lalu apa perbedaan HTTP dengan HTTPS?

Perbedaan HTTP dan HTTPS ada pada penambahan huruf "S" dimana huruf "S" tersebut kepanjangan dari kata Secure yang berarti aman, kekurangan dari HTTP adalah ketika melakukan proses menampilkan website data yang di proses rawan di curi oleh orang lain dikarenakan dalam prosesnya tidak ada mekanisme enkripsi data.

HTTP sangat tidak di rekomendasikan pada saat ini terlebih jika website kita memiliki fitur login pengguna dan menyimpan data para pelanggan kita dikarenakan data yang di proses sangat mudah dibaca oleh orang lain yang berniat mengambil data pengguna website kita.

Bagaimana cara menggunakan HTTPS pada website kita?

Untuk berpindah dari HTTP ke HTTPS kita memerlukan protokol tambahan untuk mengurus proses enkripsi akses website kita, untuk pengaturan Blogger ada di setelan lalu aktifkan menu ketersediaan https seperti pada gambar berikut :


Sedangkan jika kita menggunakan hosting maka kita perlu membeli sertifikat SSL taupun TLS selain berbayar ada juga yang bersifat gratis.


Apa itu SSL?

Sertifikat SSL atau biasa dipanggil SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer. Selain SSL ada juga TLS yang miliki kepanjangan Transport Layer Security lalu apa bedanya?

Sebenarnya pada saat ini SSL sudah tidak digunakan lagi dan telah digantikan fungsinya oleh TLS. Meski SSL sudah tidak digunakan namun istilah SSL sudah dikenal luas sehingga penyebutan SSL tetap digunakan oleh kebanyakan orang.

Teknologi TLS lebih baik  dibandingkan SSL karena TLS adalah versi terbaru dari generasi awalnya SSL. Oleh karena itu kita tidak perlu khawatir dengan perbedaan istilah tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar