5 Cara Naikkan Rangking Web Di Google


Membuat Blog ataupun Website menjadi posisi 1 di pencarian google bukanlah hal yang mudah apalagi jika persaingan katakunci yang kita gunakan sudah banyak dipakai oleh orang lain, namun demikian ada tips untuk meningkatkan posisi web kita berikut ini caranya :

1. Pastikan Blog atau Web kita suport untuk Handphone

Tips ini berada di urutan pertama karena memang krusial. Dengan Google menerapkan indeks Mobile-First, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan Mobile-Friendly Test.

Anda perlu menaruh perhatian besar terhadap website mobile friendly untuk menghindari turunnya ranking website Anda di hasil pencarian di smartphone.

Tugas Anda adalah memudahkan pengunjung untuk mengunjungi website Anda di smartphone, tanpa mengganggu kegiatan mereka


2. Selalu lakukan pemeriksaan rutin SEO Web kita

Sedikitnya informasi mengenai struktur informasi dan website bisa menggagalkan strategi SEO terbaik sekalipun. Alogaritma Google kurang menyukai website-website yang memiliki navigasi rumit. Buat navigasi semudah mungkin untuk pengunjung Anda.

Untuk memulainya, Anda bisa mempelajari Dasar-Dasar SEO ini. Setelah memahami dasar-dasar SEO, Anda akan memiliki wawasan lebih baik dan lebih paham apa saja yang harus diperbaiki.


3. Lakukan Optimasi agar web kita cepat diakses

Langkah ketiga (dan semua langkah di artikel ini) adalah proses yang berkelanjutan. Selalu monitor kecepatan website Anda, baik untuk desktop maupun mobile. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan loading website Anda adalah sebagai berikut:

Ukuran File Gambar: Sebelum mengunggah sebuah gambar, Anda bisa menggunakan tools seperti TinyPNG untuk mengecilkan ukuran gambar, tanpa mengurangi kualitasnya.

Script: Sebelum mengunggah file JS dan CSS ke website, periksa kembali apakah Anda benar-benar membutuhkannya? File-file tersebut bisa memperlambat loading website. Bila memungkinkan, merge beberapa script menjadi satu file.

Cache Browser: Ketika sebuah browser menampilkan sebuah halaman website, browser juga memuat sejumlah file. File-file cache tersebut tersimpan secara lokal di komputer pengunjung. Dengan begitu, ketika pengunjung berpindah ke laman baru, file-file cache tidak perlu dimuat lagi. Sebagian besar website mengaktifkan brwoser caching dengan menambahkan kode htaccess file ke hosting atau server.


4. Perbaiki Link Rusak

Baik link eksternal maupun internal berpengaruh terhadap peringkat website di hasil pencarian. Biasanya pemilik website mengabaikan link-link rusak tersebut. Padahal hal itu bisa mempengaruhi pengalaman pengunjung ketika mengunjungi website. Anda bisa menggunakan W3C Link Checker untuk mendeteksi link rusak yang perlu diperbaiki.


5. Buat Judul Post yang Sesuai

Walaupun sepele, Judul Postingan berpengaruh signifikan terhadap SEO. Memiliki Judul Postingan yang sesuai adalah hal krusial dalam membangun link. Ketika Judul Postingan Anda sesuai dengan link yang dituju, mesin pencari mendapatkan sinyal positif tentang website Anda.

Misalnya, Judul Postingan tutorial make up memuat link menuju alamat website makeup.come/Tutorial. Judul Postingan dan alamat website memiliki tingkat kesesuaian yang tinggi sehingga bagus untuk SEO.


Kesimpulan

Google selalu memperbarui alogaritmanya dan bagaimana menentukan peringkat sebuah website. Lima strategi di atas sudah terbukti efektif dan Anda perlu menerapkannya secara kontinyu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Posting Komentar

0 Komentar